Monday, September 13, 2004

Solusi Masalah Kesendirian kamu

Apapun penyebab kesepianmu, kamu harus sadar bahwa satu-satunya yang bisa merubah keadaan adalah kamu. Kamu sudah cukup dewasa untuk bisa bertanggung jawab atas keadaan dan caramu berpikir. Dan kunci kebahagiaan ada di tanganmu sendiri. Lain kata, be positive! Kalau kamu tidak suka merasa kesepian, ubah dong caramu menghadapi masalah! Kamu harus berubah dari seorang pesimis menjadi optimis, dari pemikir negatif ke positive thinker.

Kalau kamu tertimpa musibah seperti kehilangan seseorang yang kamu cintai, belajar untuk 'minta tolong' kepada orang lain. Ngobrol dengan teman atau minta bantuan konselor sekolah atau orang dewasa yang kamu percayai. Talk about how you feel. Minta saran mereka. Kalau ada tempat berbagi, kamu pasti akan merasa lebih tenang. Dan dengan pendengar setia di sisimu, otomatis kamu akan tahu bahwa sebenarnya kamu tidak punya alasan untuk merasa kesepian. Banyak yang masih sayang sama kamu, kan?

Kalau kamu mengalami kasus kedua, yaitu kesepian karena perasaan internalmu sendiri yang setiap saat menyuarakan 'kamu kurang cantik' atau 'kamu kurang oke' ke otak, perubahan harus langsung diaktifkan dari dirimu sendiri.

Terakhir, kalau memang senang menyendiri, kamu harus sadar bahwa kamu tidak mungkin hidup di dunia ini sendirian. Terbukti saat butuh teman, kamu jadi susah bergaul saja menghormati hak dirimu sendiri atas privacy, tapi jangan sampai keterlaluan ya? Sediakan waktu untuk bergaul dengan teman.

Pada akhirnya, lumrah kalau kadang-kadang kamu merasa kesepian. Tapi jangan biarkan keadaan ini sampai menjadi keseharianmu. Tumpas rasa itu sebelum merajalela. Usir pikiran negatif, ganti dengan tindakan positif. Kamu sudah tahu caranya, kan?

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites