Wednesday, September 01, 2004

Bicara Bisa Ubah Penampilan Anda

Apa yang membuat Anda tertarik untuk berkenalan dengan seseorang selain dari penampilannya? Salah satu alasannya tentu cara bicaranya bukan? Tahukah Anda bahwa menguasai seni berbicara, akan membuat Anda tampak cantik dan memesona, bahkan dapat juga untuk menyukseskan semua urusan. Sering kali kita melihat seorang perempuan yang tidak terlalu cantik dan berpenampilan tidak mencolok, dapat memukau saat memimpin suatu rapat. Dia dapat menguasai medan tempat berbicara dengan pilihan kata yang tepat dan meyakinkan. Kuncinya adalah menguasai seni bicara yang membuka jalan menuju keberhasilan. Setiap kita berbicara, harus diupayakan agar hati dan seluruh tubuh kita ikut mengatakan sesuai dengan kata-kata yang diucapkan Untuk dapat berbicara dengan baik, sebaiknya melakukan latihan sebagai berikut:

1. Secara diam-diam, rekamlah pembicaraan Anda dengan teman Anda . Pilihlah bermacam - macam topik untuk dibicarakan misalnya yang menyenangkan, menyedihkan,menegangkan dan lainnya.

2. Pelajari hasil rekaman Anda. Pada saat Anda tertawa, menjerit kaget dan ekspresi lainnya. Juga diperhatikan nada bicara Anda, apakah terlalu lembut atau terlalu keras.

3. Perhatikan pula bagaimana respon teman bicara Anda. Anda dengan mudah akan mendapat gambaran kesan tentang Anda saat berbicara.

4. Ulangi beberapa kali rekaman percakapan semacam itu. Dengan memperbaiki cara berbicara dan nada bicara. Respon pendengar sangat menentukan kemampuan untuk berbicara.

5. Pembicara yang baik adalah bila ia mampu mengikuti gelombang respon pendengarnya. Anda tentu tidak dapat berbicara dengan volume 9, jika pendengar Anda hanya mampu di volume 5.

6. Perhatikan sikap tubuh saat berbicara, sebaiknya dimulai dengan mengarahkan pandangan kepada lawan bicara dengan mata teduh dengan menyunggingkan senyum. Usahakan sikap tubuh 'terbuka' artinya tidak membuat orang takut dan tidak membuat Anda disangka minder. Saat berbicara coba sesekali gerakan tangan boleh juga jika disertai gerakan wajah serta leher dan kerdipan mata untuk mewarnai ucapan-ucapan Anda. Agar tidak tegang lakukan latihan berkali-kali di depan cermin

Dalam berbicara hendaknya pusatkan pada pokok masalah. Agar pembahasannya tidak kaku, dapat diselingi juga dengan memutar pembicaraan pada masalah lain sebelum masuk pada pokok pembicaraan, namun dipilih yang ada kaitan dengan topik pembicaraan Dengan berlatih sesering mungkin, akan menemukan seni berbicara tersendiri yang akan meningkarkan kemampuan berbicara didepan umum yang baik.

Dikutip dr astaga.com



0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites